Wednesday 19 September 2012

APLIKASI INTERNET

                                                          Aplikasi internet
A. world wide web (Website)
 






Website(web/situs)adalah sebuah aplikasi internet yang menampilkan informasi dalam bentuk teks,gambar,suara dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet web server.informasi yang di tampilkan web umumnya di tulis dalam format HTML (Hypertext Markut language ) maupn java script.
Web dapat diakses dengan browser. Browser membaca web yang tersimpan dalam web server melalui HTTP (Hypertext Transfer Protokol).
B. Weblog (blog)

Weblog/blog adalah  aplikasi yang secara prinsip sama dengan website. Namun blog lebih professional sehingga biasanya berisi informasi berupa tulisan (posting) dan juga foto (blog foto)
Blog dapat di buat dalam penyedia layanan gratis seperti Wordpress(www.wordpress.com) maupun blogspot (www.blogger.com) meski demikian  banyak yang menggunakan domain berbayar.
C . Email ( electronic mail )

E-mail merupakan surat elektronik yang dikirim melalui internet.E-mail adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan dan elakukan surat menyurat melalui alamat elektronik di internet. Untuk menggunakan internet kita harus memiliki account dengan cara mendaftar pada situs penyedia jasa e-mail seperti www.yahoo.com, www.google.com, www.hotmail.com, dll.
D. Telnet

Merupakan bagian internet yang memungkinkan untuk mengakses data dan computer lain dari jarak jauh melalui jaringan internet. telnet ini merupakan suatu program untuk login ke computer lain di internet sehingga dapat mengakses data base online, katalog perpustakaan,layanan chatting,masih banyak lagi.
E. FTP (File Transfer Protocol )

FTP adalah fasilitas internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (download) di suatu server yang terhubung ke internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. Yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkan.
F.IRC (Internet Relay Chat )
 
Adalah system basis untuk se buah bentuk komunikasi di internet yang menggunakan sarana baris baris tulisan yang di ketikkan melalui keyboard (chat)disebut chatting dan pelakunya di sebut chatter.
Chatting membutuhkan software yang di sebut IRC Client, dulu hanya ada mIRC sekarang sudah banyak seperti Google talk serta Facebook Chat.
 G. Mailing list

Dapat saling berkomunikasi dengan menggunakan e-mail.mailing list disebut juga grup diskusi, yaitu suatu wadah untuk mengumpulkan e-mail dalam komunikasi tertentu.

H.Usernet News

Sistem diskusi di manajutaan computer saling bertukaran informasi dalam banyak topic. Yang membedakan usernet dengan mailing list ialah usernet message di simpan di computer pusat dan pesan di kirim ke mailbox tiap-tipa anggota.
I.    Search Engine (Mesin Pencari)
 
Guna mempermudah dalam menemukan halaman website yang membuat topic spesifik, maka para pengakses web menggunakan bantuan search engine dengan memasukkan kata kunci yang kita kehendaki kemudian di cocokkan oleh search engine dalam database miliknya.fasilitas search engine yang terkenal antara lain adalah Google (www.Google.com), Yahoo (www.Yahoo.com), Bing (www.Bing.com) Dll.
  

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Labels

cinta yesus selamanya. Powered by Blogger.

Blogger news

terima kasih telah mengunjungi blog kami dan kami menunggu kunjungan teman teman berikutnya "GBU"